Buka 24 Jam Setiap Hari
Beranda » Bibit Buah » Jual Durian Bawor Kaki Tiga

Jual Durian Bawor Kaki Tiga

Ditambahkan pada: 3 May 2019 / Kategori:
Kode : -
Berat : 0.5 kg
Stok : Ready Stock
Dilihat : 129 kali
Review : Belum ada review
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.

Bagikan informasi tentang Jual Durian Bawor Kaki Tiga kepada teman atau kerabat Anda.

Deskripsi Jual Durian Bawor Kaki Tiga

Durian Bawor Kaki Tiga

Durian Bawor Kaki Tiga

Sebagian dari negara di Asia Tenggara yang tergabung dalam Association of Southeast Asian Nasion atau Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara, Nampak mempunyai perhatian tinggi terhadap buah durian. Indonesia, Malaysia dan Thailand berlomba-lomba mengenalkan atau menciptakan pohon durian unggul dengan rasa yang enak.

Thailand terkenal dengan durian Monthong, Malaysia bangga dengan durian Musang King, dan Indonesia mempersembahkan durian Bawor untuk menyaingi durian dari kedua negara tetangga tersebut. Sejak dulu Thailand dikenal dengan varietas unggul untuk beberapa buah.diantaranya papaya Bangkok, jamblang Thailand, srikaya Bangkok dan lain-lain.

Berbagai jenis durian Indonesia memang orang berdecak kagum.Tidak mengheran apabila negara semacam Thailand, tidak sungkan membeli pohon durian dari Indonesia untuk dikembangkan di negara gajah putih tersebut..
Saya punya pengalaman mengkonsumsi durian monthong durian musang king. Pertama pada bulan Januari 2018 dan kedua pada bulan Maret 2019. Memang dua-duanya sangat lezat.

Penjualan durian monthong dan musang king sudah dikupas dari kulit durinya dan dimasukkan dalam kemasan plastik. Dengan berat antara 400 sampai dengan 480 mg. Kemudian dimasukkan ke dalam kardus kecil.
Kedua durian impor ini pada umumnya dijual ditoko-toko swalayan dan toko buah dan dimasukkan ke dalam freezer. Kadang kalua saya ke toko buah, tidak beli hanya mengamati harga saja. Harganya fluktuatif, naik turun, tetapi tetap saja harga durian musang king lebih mahal dari durian monthong.

Pada hari Jumat tanggal 3 Mei 2019 saya pergi ke sebuah swalayan yang berada di Kalimalang Jakarta Timur. Disini menjual durian monthong dan durian musang king. Harga durian monthong dipatok Rp. 72.900,- per kg sudah dikupas. Sedangkan untuk durian musang king Rp. 211.900,- per kg.

 

Namun masyarakat penggemar durian tidak perlu khawatir, karena telah memiliki senjata untuk meruntuhkan durian montong, dengan ditemukan varietas baru yang tidak kalah lezatnya dengan durian Monthong, yaitu durian Bawor.

Penamaan Durian.

Bawor sendiri tak lepas dari ikon rakyat Banyumas. Bawor adalah sebutan bagi sosok punakawan Bagong, adik dari Petruk. Nama Petruk sendiri sudah ngetop sebagai durian lokal asal Jepara. Nama-nama itu di Jawa Tengah adalah representasi nama rakyat sebagai ‘perlawanan’ nama bangsawan.

 

Menguak Lahirnya Durian Bawor.

 

Sejarah penemuan Durian Bawor, tak lepas dari nama Sarno Ahmad Darsono. Sarno adalah seorang guru sekolah dasar di Alas Malang, Kemranjen, Banyumas. Sejak lahir Sarno sudah dianugerahi kemampuan naluriah menilai durian.

Menurut Managing Director Ad Glow, Aji Fauzi, naluri bawaan Sarno terhadap durian begitu kuat. Cukup melihat bijinya, ia tahu jenis durian itu. Pengalamannya semasa kecil menemani sang ayah mencari durian hingga ke pelosok desa membuat Sarno Ahmad Darsono terobsesi pada durian.

 

“Rata-rata durian pohonnya sangat tinggi dengan buah tak begitu besar. Yang tak bisa memanjat harus menunggu durian itu runtuh,” kata Aji.

 

Penjelajahan batin Sarno menjadikannya nekad memadukan 20 jenis durian lokal dengan teknik okulasi. Waktu tunggu durian hingga berbuah biasanya delapan tahun, ia obsesikan menjadi tiga hingga empat tahun.

 

“Dengan memegang dan menimbangnya, ia tahu durian yang ada di tangannya telah matang atau belum, berkulit tebal atau tipis. Ketajaman penciumannya sangat membantu dia memilah durian yang puket (manis, berlemak, dan beralkohol) atau bukan,” kata Aji.

 

Sarno kemudian membongkar tabungan ingatan dan koleksinya tentang durian unggul. Dia menguber informasi dari berbagai buku tentang teknik okulasi. Saat itu internet belum merakyat seperti sekarang.

 

“Percobaan pertama, langsung okulasi 20 varietas unggul. Untuk mendapatkan ukuran besar, beliau memilih durian Kumbakarna, untuk rasa, tekstur, aroma menggunakan varietas lain,” kata Aji.

 

Setelah berselang tiga-empat bulan, okulasi pohon primer dengan sekunder mulai melekat. Sarno lalu mencoba membuat okulasi lagi pada pohon-pohon sekunder, dengan melukai pohon-pohon itu untuk menempelkan pohon durian lokal berkualitas sedang sebagai pohon tersier.

Banyaknya pohon durian yang digunakan untuk okulasi membuat pohon primernya tumbuh menyerupai pohon bakau yang akarnya mencuat dari tanah.

 

Tingkatan pada okulasi itu berguna untuk menjamin ketersediaan makanan yang lebih banyak untuk pohon primer. Adapun fungsi pohon sekunder adalah mempengaruhi kualitas buah yang dihasilkan pohon primer.

 

“Akhir tahun 2000, pohon hasil percobaannya sudah menghasilkan 30-40 buah durian oranye yang berbeda dari aslinya. Kulitnya tiis, daging lebih tebal, warna daging buah lebih merah seperti durian kuningmas, rasa lebih puket, dan beralkohol seperti durian petruk. Ukurannya sebesar durian kumbakarna dengan berat bisa lebih dari 12 kilogram,” kata Aji.

Durian Bawor Mempunyai Keistimewaan Tersendiri.
Setelah melalui proses penyempurnaan, durian bawor kini memiliki keistimewaan. Misalnya daging buah yang tebal dan berwarna oranye, tapi bijinya kecil dan tipis. Sementara rasanya legit, agak sedikit pahit. Sedangkan bobot matangnya rata-rata 6−9 kg dan bobot maksimalnya mencapai 15 kg. Selain itu, semakin tua si pohon, semakin lebat buahnya.

 

Apakah Durian Bawor ini akan menjadi pesaing utama Durian Monthong yang konon asal bibit indukannya adalah Durian Indonesia juga yang asal Kalimantan?

 

Kelebihan utama durian bawor warna kuning adalah saat buah tidak terlalu matang, durian tetap berasa manis. Sedang yang berwarna orange menyala, saat tidak terlalu matang buah berasa lebih tawar tetapi saat sudah matang buahnya terasa lebih pahit legit.

 

Musim durian biasanya sekali dalam setahun. Berbeda dengan durian pada umumnya, pohon Durian Bawor mempunyai keistimewaan yang bernilai ekonomis tinggi, yaitu pohon berbunga dan berbuah sepanjang tahun.
Sehingga, pohon dapat dipanen tiga kali dalam setahun. Sementara, harga buahnya lebih mahal dari durian monthong, yaitu Rp 50 ribu untuk setiap kilogramnya.

 

Aji Fauzi dari Ad Glow menuturkan bahwa jenis durian ini memiliki nilai ekonomis tinggi. Dalam lahan seluas 10 meter persegi di halaman depan saja, sudah mampu menampung dua pohon.

 

“Dengan produksi 30 buah x 2 pohon = 60 buah. Asumsi bobot minimal 6 kg per buah dan harga buah terendah Rp 50.000. Silakan dihitung sendiri,” kata Aji.

 

Itu baru dua batang pohon. Mari kita membayangkan andai memiliki 200 pohon durian bawor. Anggap saja yang rutin berbuah 150 pohon dengan produksi 40 buah/pohon. Jika ditotal akan menghasilkan 6000 butir durian.
Jika sebutir berbobot 10 kg, dalam setahun kita memiliki 60 ton durian. Siap menghabiskan?

 

Ada berbagai macam jenis buah yang bisa anda jumpai di swalayan hingga pasar tradisional. Salah satu jenis buah yang hingga saat ini memiliki penggemar paling banyak yaitu buah durian.

 

Berbeda dengan jenis buah lainnya, buah durian memiliki kulit keras yang berduri, inilah yang membuat anda harus menggunakan alat seperti pisau untuk memakan buahnya.

 

Untuk durian sendiri ada berbagai jenisnya, ada durian merah, durian monthong hingga satu jenis buah durian yang saat ini menjadi bahan perbincangan banyak orang yaitu durian bawor.

Durian bawor berbeda dengan durian pada umumnya. Durian yang lain memiliki pohon yang tinggi, durian bawor merupakan jenis durian berpohon pendek dan berbuah banyak.

Durian bawor sendiri merupakan salah satu jenis durian yang memiliki kualitas baik dan merupakan jenis durian unggulan. Durian bawor sendiri merupakan hibrida, yaitu perpaduan antara durian kuning dan durian montong.
Untuk batang atas pohon durian merupakan jenis durian montong orange yang memiliki rasa manis legit dengan sedikit rasa pahit.

Untuk daging buah durian bawor hampir mirip dengan durian montong yang tebal bertekstur lembut dengan warna kuning atau orange. Adapun keunggulan dari durian bawor dibanding dengan durian lainnya selain dari rasa durian yang lezat dan pohon buahnya yang cenderung pendek.

Pohon durian bawor mudah dan cepat sekali tumbu, ukuran buah durian bawor sangat besar dapat mencapai sekitar 12 kg. Pohonnya juga sangat kokoh walaupun ada banyak sekali buah durian di pohonnya, ini karena akar pohon durian yang sangat banyak.

Selain itu jika anda menanam durian bawor, anda akan mendapatkan banyak sekali keuntungan karena pohon durian bawor sangat tahan terhadap berbagai macam cuaca. Pohon juga lebih tahan dengan cuaca panas yang kering sehingga anda tidak perlu khawatir akan kondisi cuaca.

Dan dengan ini pula menanam durian bawor sangat mudah dan murah, bagi anda yang berminat untuk menanam durian bawor yang berbeda dengan cara menanam cabe dengan media pampers bekas, , berikut kami sampaikan cara menanam durian bawor yang praktis dan mudah.

Langkah pertama yang harus anda perhatikan dalam cara menanam durian bawor yaitu memilih bibit yang berkualitas dan layak tanam. Untuk mendapatkan bibi durian bawor ada dua cara sebenarnya dan berikut penjelasannya :

Untuk durian bawor karena pohon merupakan jenis hibrida maka anda akan lebih mudah jika anda mendapatkan bibitnya dari toko ataupun petani durian bawor.

Bibit durian bawor di pasaran biasanya sudah berbentuk stek dan siap tanam, sehingga sangat praktis dan anda juga tidak perlu bersusah payah menyiapkan bibitnya.

Namun bila anda ingin menanamnya dari biji juga bisa berbeda dengan cara menanam bunga panca warna, namun sedikit agak sulit karena hanya beberapa biji saja yang dapat bertunas.
Anda bisa mendapatkan biji durian bawor secara langsung dari buahnya, pilihlah biji berukuran lebih besar dari biji lainnya dan tidak terlalu kempes.

Lalu sediakan wadah seperti baskom ataupun gelas plastik yang berisi air dan letakkanlah biji durian yang telah siap ke dalam gelas atau baskom yang telah diisi air.

Perhatikanlah banyaknya air dalam wadah, biji durian yang direndam harus benar benar terendam sepenuhnya, jika airnya kurang maka proses pembenihan akan gagal. Anda bisa menambahkan air hingga penuh ke dalam wadah tersebut.

Pastikanlah biji durian tidak mengapung, apabila biji durian terlihat terapung maka buanglah. Biji durian mengapung tandanya biji tersebut merupakan biji yang tidak layak tanam, rendamlah biji durian hingga akar dan tunasnya muncul.

Menyiapkan Lahan Dan Media Tanam.

Untuk menanam durian bawor, anda perlu sebuah lahan tanam yang luas seperti pekarangan rumah anda. Walaupun durian bawor memiliki pohon pendek, pohon durian bawor memiliki daun yang rindang dengan banyak cabang yang menompang buahnya sehingga tidak disarankan untuk menanamnya di pot.

Selain ukuran pohon yang cenderung berdaun dan berbuah lebat, pohon durian bawor juga memikiki akar yang dapat menjalar. Jadi pemilihan lokasi lahan yang baik sebaiknya tidak terlalu dekat dengan rumah, karena akarnya dapat merusak podasi rumah nantinya.

Setelah anda mendapatkan lokasi yang tepat, berikut merupakan langkah tepat menyiapkan media tanam dalam cara menanam durian bawor :

Gemburkan tanah lahan tanam terlebih dahulu menggunakan sekop ataupun cangkul, disarankn menggunakan cangkul. Setelah tanah gembur anda bisa mencampurkan pupuk dan sekam pada tanah lahan tanam dengan perbandingan 2:1.

Sebaiknya pupuk yang anda gunakan adalah pupuk organik seperti pupuk kompos atau pupuk kandang, biasanya dari kohe kambing. Penggunaan pupuk organik tidak akan menyebabkan perubahan tekstur ataupun kandungan tanah.

Anda juga harus memperhatikan kelembaban tanah terlebih dahulu, jika dirasa tanah terlalu kering maka siramlah terlebih dahulu hingga dirasa tanah cukup lembab.

Mulailah mempersiapkan lahan selama 2 minggu sebelum anda siap untuk menanam dan lakukanlah penyiraman secara rutin yaitu sebanyak 2 kali sehari serta pemupukan lahan setiap seminggu sekali.

Sebelumnya periksa kembali lahan tanam yang sudah anda siapkan, tanahnya harus sudah subur dan terpupuki dengan baik. Pastikan juga tidak ada rumput ataupun gulma yang tumbuh di sekitar lahan tanam. Jika masih ada, maka anda harus membersihkannya terlebih dahulu.

Adanya gulma seperti rumput dapat menganggu proses pertumbuhan serta penyerapan nutrisi tumbuhan nantinya. Setelah lahan tanam benar- benar siap selanjutnya adalah membuat lubang tanam. Buatlah lubang tanam pada tanah menggunakan sekop kecil.

Ukurlah lubang tanam dengan tepat sebesar dan seluas ukuran akar pada bibit yang mulai tumbuh kira- kira sedalam 10 hingga 20 cm. Untuk menanam durian bawor berbeda dengan cara menanam cangkokan anggur, anda tidak boleh menanam batangnya karena dapat memicu adanya busuk akar.

Setelah itu timbunlah dengan tanah campuran pupuk dan tutupi dengan sekam yang sudah dicampur pupuk kandang ataupun kompos sebelumnya. Padatkan tanahnya agar durian bawor dapat tumbuh dengan baik. Setelah proses tanam selesai, siramlah tanah dengan air hingga lembab.

Cara Merawat Durian Bawor Yang Baik Hingga Panen.

Adapun cara merawat tanaman durian bawor yang sudah anda tanam dalam cara menanam durian bawor. Karena pohon durian bawor mampu bertahan dalam cuaca dan kondisi apapun, perawatannya lebih mudah dan hemat.

Berikut penjelasannya :
Perhatikan selalu tanah pada media tanam pohon durian bawor, anda hanya bisa menyiramnya jika tanah sudah mengering.

Untuk menyiram usahakan secukupnya dan secara rutin, jika anda menyiram jangan sampai air menggenang pada tanah karena ini akan memicu terjadinya busuk akar.

Lakukan pemupukan lanjutan setiap 2 hingga 3 minggu sekali secara rutin berbeda dengan cara menanam edamame, ini akan membantu pohon durian jadi lebih ternutrisi.

Perlu dilakukan penyiangan dan pemangkasan untuk menjaga kebersihan pohon durian agar tidak mudah terkena hama dan virus.

Lakukan perawatan hingga durian siap panen, biasanya durian bawor memiliki masa panen yang lebih cepat setelah berbunga. Biasanya sekitar 2 hingga 4 bulan, untuk memanennya anda tidak memerlukan tangga atauoun tali raffia untuk mengikat buah durian.

Anda bisa memanennya secara langsung dengan memetiknya menggunakan pisau.

Demikian cara menanam durian bawor dengan mudah dan sederhana. Aplikasikanlah dengan benar untuk mendapatkan hasil panen durian yang berkualitas dengan rasa yang lezat serta melimpah.

Selamat mencoba.
Sumber : dari berbagai sumber.

Customer review dinonaktifkan: Jual Durian Bawor Kaki Tiga

Maaf, form customer review dinonaktifkan untuk produk ini

Mungkin Anda tertarik dengan produk terbaru kami.

Statistik Pengunjung

48635
Visit Today : 27
Visit Yesterday : 59
Total Visit : 48635
Hits Today : 70
Who's Online : 5
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan