Buka 24 Jam Setiap Hari
Beranda » Bibit Buah » Jual Bibit Pohon Kelor

Jual Bibit Pohon Kelor

Ditambahkan pada: 5 May 2019 / Kategori:
Kode : -
Berat : 0.5 kg
Stok : Ready Stock
Dilihat : 124 kali
Review : Belum ada review
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.

Bagikan informasi tentang Jual Bibit Pohon Kelor kepada teman atau kerabat Anda.

Deskripsi Jual Bibit Pohon Kelor

Pohon Kelor

Bibit Pohon Kelor

Pernahkah melihat pohon kelor? Kelor merupakan salah satu jenis tanaman yang cukup terkenal di Indonesia. Alasan mengapa tanaman yang terkenal pada bagian daunnya ini adalah dari manfaat yang dimilikinya. Tanaman satu ini memiliki manfaat beragam untuk kesehatan, menariknya tidak hanya pada bagian daun. Akan tetapi juga pada batang, kulit pada batang, bahkan pada bijinya.

Mengenal Karakteristik Kelor.

Tanaman berkhasiat satu ini bisa tumbuh tinggi dengan ketinggian antara 7 meter bahkan ada yang bisa mencapai 12 meter. Batang pada tanaman ini berkayu dengan kulit tipis berwarna putih kotor, sehingga tidak terlihat berwarna hijau. Kulit pada batangnya pun memiliki tekstur agak kasar, dan batang akan berdiri tegak. Sehingga sering disebut sebagai pohon karena menjulang tinggi dan lurus.

Pada umur tertentu, pohon satu ini akan mengeluarkan biji berukuran kecil dan uniknya berbentuk segitiga. Kebanyakan masyarakat Indonesia menyebut bijinya dengan nama kelentang dan sering dibuat sebagai bahan sayur. Manfaatnya yang beragam membuat tanaman berbentuk pohon ini cukup menarik untuk dibudidayakan. Minimal punya satu pohon di halaman rumah sendiri.

Manfaat Pohon Kelor.

Pamor pohon kelor yang sudah menanjak sejak dulu hingga detik ini tidak terlepas dari faktor manfaat atau khasiatnya. Khasiat pohon berwarna putih kotor ini memang cukup banyak untuk kesehatan.

Berikut detailnya:

• Daun pada pohon ini ternyata kaya akan Vitamin A yang jika dikonsumsi rutin dapat membantu menjaga kesehatan mata dan kualitas penglihatan.
• Menurut hasil penelitian oleh Oncology Letters disebutkan bahwa daun kelor yang diekstrak bisa membantu menyembuhkan beberapa jenis kanker secara alami, seperti kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker kulit.
• Daun kelor juga kaya akan kandungan Vitamin C dan beta karoten yang merupakan zat antioksidan, sehingga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
• Membantu menurunkan kadar kolesterol maupun gula dalam darah secara alami.
• Daun kelor juga diperkaya oleh zat besi yang bagus untuk mengatasi anemia, sangat cocok dikonsumsi ibu menyusui agar menghindari anemia.
• Kandungan antioksidan di dalam daun kelor membuatnya bisa membantu memerangi proses penuaan dan memperlambat datangnya masa menopouse.

Manfaat dari kelor yang memang sangat banyak membuat tanaman ini menjadi pilihan menarik untuk dipelihara. Bentuk pohonnya yang tinggi namun tidak terlalu besar membuatnya cukup cocok ditanam dalam pot berdiameter besar. Jika tidak memiliki halaman yang luas maka aman saja memakai pot untuk merawatnya. Sehingga jika dibutuhkan ataupun ingin dikonsumsi untuk menjaga kesehatan, cukup memetik di halaman.

Cara Menanam Kelor dan Perawatannya.

Apabila berniat untuk menanam sendiri pohon kelor dengan manfaatnya yang beragam sesuai penjelasan di atas. Maka kenali bagaimana cara menanamnya dengan benar, berikut adalah penjelasan rincinya:

1. Mempersiapkan Biji Ataupun Bibitnya.

Langkah pertama dalam proses menanam tanaman kelor ini adalah dengan mempersiapkan biji ataupun bibitnya. Bibit tanaman bisa diperoleh dari biji kelor yang dijelaskan di awal jika berbentuk segitiga. Bisa pula dengan cara stek batang, sehingga bisa memilih metode mana yang dirasa paling mudah dan minim kegagalan.

Apabila memilih menanam dari biji, sebaiknya kumpulkan biji tanaman kelor ini menjadi satu dan pilih yang terbaik. Caranya adalah dengan merendamnya ke dalam baskom kecil berisi air. Apabila bijinya berkualitas maka akan tenggelam, akan mengambang jika kualitasnya kurang yang tentu jangan dipakai sebagai bibit.

Namun, jika merasa pemilihan bibit dari stek batang sebaiknya mencari pohon kelor yang tidak terlalu muda maupun terlalu tua. Potong bagian batang yang diameternya antara 3-5cm sepanjang 30 ataupun 50cm. Gunakan pisau yang tajam dan bersih untuk memotong batang calon bibit kelor tersebut. Segera tancapkan ke media tanam atau tanah agar memperkecil resiko gagal.

2. Mempersiapkan Media Tanam Atau Lahan Tanam.

Media tanam untuk kelor sendiri sebenarnya lebih ideal di media tanah secara langsung, namun bukan berarti tidak bisa ditanam di pot. Apabila kondisi lahan mencukupi maka bisa ditanam langsung ke tanah. Namun persiapkan dulu lahannya, dengan membuat bedengan dan dicampur dengan pupuk kandang ataupun kompos.

Tunggu seminggu baru kemudian bibit ataupun stek batang yang sudah dipersiapkan di pindah ke media tersebut. Dianjurkan untuk membuat lubang di tanah dengan diameter 40cm dan kedalaman antara 30-40cm. Setelah siap, lepaskan bibit dari polybag dan taruh secara hati-hati agar tanaman tidak terlalu koyak.

Apabila memakai pot, bisa mempergunakan pot dari karung goni ataupun pot berbahan plastik namun pastikan diameternya di atas 30cm. Isi dengan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk, dan pindahkan tanaman bibit ke media pot ini. Pemindahan baiknya hati-hati untuk meminimalkan guncangan sehingga tanaman tidak stress dan tumbuh sehat.

3. Perawatan yang Perlu Dilakukan.

Setelah selesai menempatkan bibit pohon kelor di media tanam yang sudah disiapkan, segera ditutup dengan tanah. Berikutnya adalah merawat tanaman ini dengan benar untuk memastikan tanamannya tumbuh dengan baik. tidak ribet, hanya perlu dipupuk rutin per 30 hari atau sebulan sekali dan utamakan pupuk alami seperti kandang atau kompos.

Perawatan berikutnya adalah dengan menyiramnya secara rutin karena bagaimanapun juga tanaman butuh nutrisi berupa air. Gunakan air apa saja, akan lebih baik jika memakai air tanah. Namun tetap baik memakai air bekas pakai, misalnya air bekas membilas cucian di rumah ataupun tampungan air hujan.

Penyiraman sendiri bisa dilakukan setiap hari, namun kelor dapat bertahan dengan baik jika disiram per tiga hari sekali. Usahakan jangan membuat tanah terlalu becek ataupun terlalu kering. Sehingga sebelum disiram perhatikan dulu kondisi tanahnya, jika masih basah oleh hujan tunda dulu penyiraman secara manual.

Dimana Harus Membeli Bibitnya?

Kelor yang kaya akan manfaat untuk kesehatan tentu membuatnya tepat untuk dijadikan ditanam sendiri di rumah. agar lebih praktis dan minim kegagalan sebaiknya membeli bibit kelor yang sudah siap tanam. Pilih tempat penjual bibit yang memang terpercaya dan menyediakan bibit kelor dengan kondisi baik.

Memperkecil kegagalan sebaiknya membeli bibit kelor ini di tempat penjual yang iklimnya sama persis dengan iklim tempat tinggal Anda. Sebab jika tempat tinggal cenderung panas dan pembelian bibit dilakukan di daerah pegunungan yang sejuk. Tanaman butuh waktu lebih untuk bisa beradaptasi, maka pilih penjual yang iklim tempatnya sama persis dengan tempat tinggal.

Pilih bibit yang memang dalam kondisi bagus dan sehat, bisa dilihat dari kesegaran daun dan juga warnanya. Cek apakah penjual tanaman bibit ini merawatnya dengan baik dengan melihat kondisi tanaman tersebut, dari tanaman sampai media tanamnya.

Asalkan dirawat dengan baik maka tanaman bibit dalam kondisi sehat, tidak perlu was-was mendadak mati ketika dipindahkan ke media tanam yang dipersiapkan. Mendapatkan bibit pohon kelor sendiri tidak sulit, sebab umumnya dijual oleh para penjual tanaman.

Untuk yang membutuhkan bibit pohon kelor dapat menghubungi :

HP / WA : 0812-8391-8007.

Terima kasih.

Pencarian Lain dari Google :

Customer review dinonaktifkan: Jual Bibit Pohon Kelor

Maaf, form customer review dinonaktifkan untuk produk ini

Produk Terkait Jual Bibit Pohon Kelor

Mungkin Anda tertarik dengan produk terbaru kami.

Statistik Pengunjung

50315
Visit Today : 31
Visit Yesterday : 43
Total Visit : 50315
Hits Today : 82
Who's Online : 1
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan