Buka 24 Jam Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » Tanaman Buah Dalam Pot

Tanaman Buah Dalam Pot

Diposting pada 2 May 2019 oleh Jual Bibit Tanaman Top
tanaman buah dalam pot

Tanaman Buah Dalam Pot – Tabulampot

Apabila Anda hidup di perkotaan pasti sering merasa jenuh dan terus mencari cara supaya kejenuhan tersebut menghilang. Kebanyakan orang akan berlibur untuk menghilangkan kejenuhannya tersebut akan tetapi terdapat cara sederhana yang bisa dilakukan yaitu berkebun.

Walaupun lahan diperkotaan tidaklah besar akan tetapi berkebun dapat dilakukan dengan mudah. Solusi dari permasalahan tersebut adalah menganti lahan yang besar dengan menggunakan pot kecil sebagai media tanamnya.

Artikel ini akan membahas mengenai jenis tanaman buah yang dapat ditanam di dalam pot atau dinamakan dengan tanaman buah dalam pot, yang dikenal luas punya nama Tabulampot. Pot yang digunakan sebagai tempat menanam adalah pot yang memiliki ukuran diameter antara 20-40 cm. Kira-kira tanaman buah apa yang cocok? Apabila ingin menanam tanaman buah di dalam pot. Inilah jawaban dari pertanyaan Anda :

Jenis tanaman buah yang bisa ditanam di dalam pot adalah:

1. Blackberry
Tanaman yang memiliki nama latin Rubus fruticosus merupakan tanaman yang bisa ditanam di pot seperti tanaman buah berry-berry yang lainnya. Akan tetapi dalam perawatannya tanaman blackberry tidak bisa berdekatan dengan tanaman malam, seperti tomat, lada, dan kentang karena bisa membuat tanaman tersebut menjadi layu. Batang blackberry dapat ditegakkan dengan menopang menggunakan penopang sepanjang 2 meter sehingga tanaman blackberry dapat tumbuh tinggi lurus.

2. Ara / Tin
Tanaman F.carira ini jarang diketahui oleh masyarakat Indonesia akan tetapi tanaman ini ternyata dapat ditanam di dalam pot. Cara budidaya tanaman ara atau tin adalah dengan memindahkan tunas kecil atau menstek batangnya. Ada beberapa jenis tanaman ara atau tin yang cocok untuk ditanam di pot, seperti Jelly Bean. Ara jenis ini memiliki ukuran yang paling kecil apabila dibandingkan dengan jenis ara yang lainnya.

3. Blueberry
Tanaman yang memiliki nama latin Vaccinium sp. merupakan tanaman yang memiliki umur panjang dan ukurannya yang dapat terus membesar. Akan tetapi dengan tanaman yang bisa terus membesar, tanaman blueberry ini dapat dipelihara di dalam pot. Pot yang Anda butuhkan untuk menanam adalah pot ukuran 22 inchi dengan kedalaman 18 inchi.

Dalam menanam tanaman blueberry, Anda bisa menggunakan media tanaman berupa cocopeat atau kompos. Apabila Anda menginginkan tanaman cepat berbuah maka Anda harus menempatkan pada ruangan yang terkena sinar matahari langsung. Harga tanaman blueberry di Indonesia sangat mahal karena mencapai Rp. 1.000.000, sungguh sangat disayangkan.

4. Melon
Melon tanaman yang memiliki nama latin Cucumis melo merupakan tanaman yang dapat ditanam di pot. Melon dapat ditanam di dalam pot seperti dengan semangka karena sama-sama menggunakan biji. Media tanam untuk tanaman melon adalah tanah, pupuk kandang, dan sekam dengan perbandingan 1:2:3.

5. Semangka
Semangka atau C. lanatus merupakan tanaman yang memiliki buah berukuran besar dan penuh dengan air. Dengan demikian, Anda pasti berpikir bahwa semangka membutuhkan banyak tempat untuk bertumbuh padahal semangka dapat tumbuh di pot juga. Hal ini dikarenakan semangka merupakan tanaman merambat.

Cara perawatan dari semangka juga mudah yaitu hanya dibutuhkan menyiram setiap hari karena semangka membutuhkan banyak air. Di pasaran sendiri banyak sekali dijual variasi benih semangka karena memang semangka paling banyak ditanam dari biji.

6. Kiwi
Kiwi memiliki nama latin A. deliciosa merupakan tanaman yang bisa berbuah baik tanaman jantan maupun tanaman betina. Kiwi memiliki buah berwarna hijau dan berbentuk seperti telur ayam. Akan tetapi, tidak semua orang dapat mengkonsumsi buah kiwi karena dapat menyebabkan alergi seperti mulut gatal. Ada 2 jenis kiwi yang dikenal oleh masyarakat Indonesia yaitu kiwi hijau dan kiwi emas.

7. Zukini
Zukini atau Cucurbita pepo merupakan tanaman sejenis labu kecil yang buahnya sering dipanen sebelum matang dan dijadikan sayuran. Zukini sendiri merupakan tanaman sumber antioksidan yang baik karena mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks.

Zukini dapat ditanam di pot dan menggunakan media tanam berupa tanah, peat moss, dan kompos. Dikarenakan zukini membutuhkan sinar matahari maka Anda harus menempatkan zukini ini pada tempat yang terkena sinar matahari sepanjang hari. Benih zukini yang biasanya tersedia di Indonesia merupakan benih zukini yang diproduksi oleh Inggris.

Masih ada beberapa tanaman buah lain yang bisa dijadikan tanaman buah dalam pot atau Tabulampot, diantaranya jambu kristal, jeruk, jeruk lemon ciu, jeruk nagami, jeruk kintan, jeruk nipis, jeruk purut, zaitun, tin, dan lain-lain.

Catatannya adalah, karena bidang tanah yang tidak luas dan ketinggian pohon, maka produksi buahnya tidak bisa banyak. Namun jika tabulampot berbuah, walupun sedikit tapi sehat, akan memberi kepuasan tersendiri bagi pemiliknya.

Bagikan informasi tentang Tanaman Buah Dalam Pot kepada teman atau kerabat Anda.

Tanaman Buah Dalam Pot | Jual Bibit Tanaman Top Berkualitas, Buah Impor dan Lokal

Komentar dinonaktifkan: Tanaman Buah Dalam Pot

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Statistik Pengunjung

43168
Visit Today : 62
Visit Yesterday : 48
Total Visit : 43168
Hits Today : 110
Who's Online : 2
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan