Buka 24 Jam Setiap Hari
Beranda » Bibit Buah » Jual Bibit Pohon Tiin Dari Surga

Jual Bibit Pohon Tiin Dari Surga

Ditambahkan pada: 6 September 2018 / Kategori:
Kode : -
Berat : 0.5 kg
Stok : Ready Stock
Dilihat : 773 kali
Review : Belum ada review
Rp 90.000
Cara Order How to Order!
Pesan melalui SMS? Klik SMS

Bagikan informasi tentang Jual Bibit Pohon Tiin Dari Surga kepada teman atau kerabat Anda.

Deskripsi Jual Bibit Pohon Tiin Dari Surga

Salah satu buah yang disebut di dalam Al-Quran adalah buah Tiin, dalam Surat At-Tiin. Pohon Tiin sekarang banyak dijumpai di pekarangan warga. Mengapa orang menanam pohon Tiin? Disamping disebut di dalam Al-Quran, daun dan buah Tiin ternyata mengandung berbagai manfaat.

Buah Tiin

Bibit Pohon Tiin

Berencana melakukan penghijauan di rumah atau halaman kantor? Maka bisa mencoba menanam pohon tin untuk menghadirkan ruang hijau. Buah tin sangat terkenal di tanah Arab karena khasiatnya yang berlimpah untuk kesehatan. Tak perlu jauh-jauh membeli bibit dan menanamnya di tanah Arab karena pohon satu ini cukup akrab dengan iklim di Indonesia.

Tips Memilih Bibit Pohon Tin

Belakangan ini pamor pohon jenis tin tengah naik daun karena menjadi bagian dari urban farming, yakni bertanam bagi kalangan urban. Tentunya tidak bertanam di perkebunan maupun lahan sawah melainkan di lahan hunian yang ditempati. Pohon jenis ini mampu memberikan penghijauan, sehingga mempercantik tampilan eksterior bangunan.

Menariknya lagi pohon satu ini juga dikenal kaya akan manfaat bagi kesehatan berkat kandungan kalsium, omega 3, dan juga omega 6. Tak salah rasanya jika menjadikan pohon tin sebagai pilihan menghidupkan lahan hijau di rumah sendiri. Agar praktis pohon satu ini bisa dibeli dalam kondisi bibit siap tanam di tempat penjual tanaman hias.

Pastikan memilih bibit tin yang sehat supaya tumbuh dengan baik meskipun berpindah di tempat baru. Bagi yang masih awam mungkin mengalami kesulitan dalam memilih bibitnya, maka bisa memperhatikan tips di bawah ini:

1. Menentukan Jenis Bibit yang Tepat
Jenis bibit pohon kaya manfaat ini cukup beragam, dimulai dari bibit hasil cangkokan, jenis stek, maupun bibit jenis FSFR. Jenis SFSR lebih aman untuk dipilih dan paling dianjurkan untuk para pemula dalam dunia menanam tanaman. Sebab bibit jenis ini sudah dibudidayakan di area yang panas dan kondisi ekstrim. Usianya juga sudah matang sehingga mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Bibit tin jenis ini memiliki resiko berhasil mencapai 90% bahkan lebih, sehingga resiko gagal hidupnya sangat kecil. Sayangnya untuk bibit FSFR sendiri tidak bisa dikatakan murah karena aktualnya lebih mahal dibanding jenis cangkokan maupun stek. Hanya saja kemungkinan berhasil menanamnya di lahan baru lebih besar, sehingga biaya yang dikeluarkan terasa sepadan.

Bagi para pemula sebaiknya juga menghindari bibit pohon tin dari stek batang, karena meskipun dijual dalam kondisi sudah bertunas. Resiko gagalnya ternyata sangat tinggi, terlebih jika ditanam di tempat yang iklimnya berbeda jauh dengan iklim tempat pembibitan dilakukan. Hanya saja jenis bibit ini malah paling mudah dijumpai, maka perlu teliti agar tidak dibohongi penjual nakal.

2. Pilih yang Daunnya Segar dan Warnanya Cerah
Pemilihan bibit selanjutnya adalah dengan melihat kondisi kesehatan tin tersebut, sehingga bisa lebih mudah untuk ditanam kembali di rumah. Bisa dicek dari kondisi daunnya sebab kesehatan tin mudah ditebak dari bagian satu ini. Daun yang sehat terlihat dari warnanya yang hijau cerah dan dalam keadaan sempurna. Artinya tidak berlubang sebagai bukti tidak diserang ulat.

Daunnya juga musti dalam kondisi segar bukannya layu, karena bisa jadi di tempat penjualnya tidak dirawat baik. Sehingga kekurangan air ataupun kekurangan nutrisi karena oleh penjual enggan diberi pupuk secara teratur. Hindari memilih bibit tin yang daunnya kuning atau kecoklatan, sebab bisa jadi kondisi aslinya sedang tidak sehat.

3. Cek Kondisi Akarnya
Mengecek kesehatan bibit tanaman pohon tin juga bisa dari kondisi akarnya, pastikan akarnya sudah banyak. Jika ditempatkan pada polybag pastikan mencari bibit yang akarnya sudah mencuat keluar. Artinya tanaman tersebut sehat dan mampu berjuang mencari sumber air lewat pertumbuhan akarnya.

Kondisi akar yang banyak juga memastikan tanaman tumbuh dengan baik dan daya tahannya juga baik. sehingga ketika dipindahkan di tempat baru lebih mudah atau cepat beradaptasi karena ditopang kondisi atau struktur akar yang kuat. Pastikan pula akarnya kuat bukannya lemas atau loyo, supaya menunjukan tanaman tersebut benar-benar sehat.

4. Cari yang Daun dan Tunasnya Sudah Lumayan
Memperkecil resiko gagal dalam menanam tanaman tin ini pastikan pula memilih bibit yang sehat. bisa dilihat dari jumlah daunnya yang pastinya lumayan sehingga menunjukan jika pertumbuhan tanaman maksimal. Selain itu juga bisa melihat kondisi tunasnya, jika sudah muncul tunas baru maka menjadi pilihan paling baik.

Sebab artinya tanaman tersebut benar-benar sehat karena mampu bertunas, perawatan penjualnya juga sudah baik. Jika mendapati bibit dalam kondisi sudah berbuah meskipun masih sangat kecil. Maka jangan ragu untuk memilihnya, karena juga menjadi tanda jika pohon tersebut tumbuh sehat dan dirawat dengan baik.

Merawat Pohon Tin di Media Pot

Apabila sudah memilih bibit pohon tin yang benar maka selanjutnya adalah merawatnya dengan benar pula. Sehingga bisa berbuah, karena buah tin inilah yang banyak dimanfaatkan untuk dikonsumsi guna memetik manfaatnya. Buah tin kaya akan nutrisi penting yang baik untuk kesehatan, jika punya buahnya sendiri di rumah. Maka ketika musimnya berbuah bisa menikmati buah tin tanpa harus membeli.

Minimnya lahan juga bukan lagi halangan, karena pohon kaya khasiat ini ternyata cocok ditanam di media pot. Membantu pohon satu ini cepat berbuah di media pot maka sangat penting untuk merawatnya dengan benar.

Adapun bentuk perawatan yang bisa diberikan antara lain:

• Gunakan pot dengan ukuran yang tepat, sebab semakin besar ukuran potnya malah semakin baik maka sejak awal perlu menggunakan pot berdiameter besar untuk menjamin tanaman ini tumbuh maksimal.
• Siram secara teratur, meskipun pohon berbuah hijau bergaris ini tidak memerlukan air berlebihan namun tetap perlu disiram rutin untuk memastikan kebutuhan airnya terpenuhi. Lakukan penyiraman per 3 hari sekali, asalkan media tanamnya lembab maka akan berdampak baik bagi pertumbuhannya.
• Berikan pupuk, kenali pupuk terbaik untuk pohon berbuah dan berikan secara teratur. Hasil lebih sehat jika memakai pupuk alami supaya buah tin yang dihasilkan juga bebas kandungan zat kimia berbahaya.
• Segera pangkas daun pohon yang terlihat menguning, sehingga tidak menular ke bagian daun lainnya.
• Pangkas bagian pucuk agar tidak tumbuh terlalu tinggi sekaligus merangsang pohon untuk cepat berbuah dan jumlahnya pun lebih banyak.
• Pastikan ditempatkan di titik yang mudah terkena sinar matahari, karena pohon tin bukan jenis tanaman yang bisa tumbuh di tempat minim cahaya.
• Periksa kondisi tanaman secara rutin, jika mendapati ular ataupun kutu daun segera diatasi agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman sekaligus mempercepat pembentukan buah.

Perawatan yang tepat akan memberikan pohon yang tumbuh sehat, tidak hanya daunnya subur dan berwarna hijau. Namun pohon satu ini akan lebih cepat berbuah supaya bisa panen sesegera mungkin ketika musim berbuah sudah tiba. Tidak perlu lagi keluar uang untuk membeli buah kaya khasiat ini.

Supaya buah tin segera dipanen, pastikan sejak awal memilih bibit yang benar dan sudah dijelaskan di atas. Setelah bibit pohon tin terbaik didapatkan pastikan untuk merawatnya dengan benar, supaya meski ditempatkan pada pot tetap tumbuh sehat dan rajin berbuah.

Yang berminat memiliki bibitnya bisa menghubungi :

HP / WA – 081283918007

Customer review dinonaktifkan: Jual Bibit Pohon Tiin Dari Surga

Maaf, form customer review dinonaktifkan untuk produk ini

Produk Terkait Jual Bibit Pohon Tiin Dari Surga

Mungkin Anda tertarik dengan produk terbaru kami.

Statistik Pengunjung

50220
Visit Today : 45
Visit Yesterday : 57
Total Visit : 50220
Hits Today : 128
Who's Online : 1
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan